Wednesday, December 18, 2013

Tauhid

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Bagaimana kabar saudara??
Semoga Sehat Luar Biasa :D
"Padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan" (QS At-Taubah: 31)
Kali ini mau posting tentang Islamiah.

Tauhid
ada yang sudah tau "Apa itu Tauhid?" (kalau ada yang berpendapat?? silahkan di kolom komentar yahh... :D)

Tauhid didalam artikata.com adalah Keesaan Allah. Tauhid (توحيد) secara bahasa arab merupakan bentuk masdar dari fi’il wahhada-yuwahhidu (dengan huruf ha di tasydid), yang artinya menjadikan sesuatu satu saja. Dari beberapa penjelasan yang pernah saya baca, inti dari arti kata tauhid iyalah Mengesakan/menjadikannya satu saja sesuatu tersebut.


Secara istilah syar’i, makna tauhid adalah menjadikan Allah sebagai satu-satunya sesembahan yang benar dengan segala kekhususannya (Syarh Tsalatsatil Ushul, 39). sumber:muslim.or.id



Tauhid diklasifikasikan kedalam 3 yaitu Tauhid Rububiyah, Tauhid Uluhiyah dan Tauhid Al Asma Was Shifat.


1.  Tauhid Rububiyah
Tauhid Rububiyah adalah mentauhidkan Allah SWT dengan Iman dari segala kejadian-kejadian yang telah terjadi. Meyakini sepenuhnya bahwa Allah SWT satu-satunya Tuhan kita, Allah SWT yang menciptakan dan mengatur alam semesta ini, misalnya meyakini bumi dan langit serta isinya diciptakan oleh Allah, Allahlah yang memberikan rizqi, Allah yang mendatangkan badai dan hujan, Allah menggerakan bintang-bintang, dll. Di nyatakan dalam Al Qur’an:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمَاتِ وَالنُّورَ
Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dan Mengadakan gelap dan terang” (QS. Al An’am: 1)
2. Tauhid Uluhiyah
Tauhid Uluhiyah adalah mentauhidkan Allah  SWT dengan Peribadahan yang kita lakukan baik itu ibadah wajib maupun yang sunnah, baik itu lahir maupin yang batin. Ibadah kepada Allah SWT adalah segala perbuatan yang dicintai Allah SWT baik berupa perkataan maupun perbuatan. Nah,, sekarang pada bertanya pasti. Perbuatan yang dicintai oleh Allah SWT kayak gimana sih?? 
Perbuatan yang dicintai Allah SWT adalah Suatu perbuatan yang diperintahkan oleh Allah dan Rasul_Nya seperti Sholat, Puasa, Zakat dan lainnya atau dengan Berdoa, cinta, bertawakkal, istighotsah dan isti’anah.
وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ
Sungguh telah kami utus Rasul untuk setiap uumat dengan tujuan untuk mengatakan: ‘Sembahlah Allah saja dan jauhilah thagut‘” (QS. An Nahl: 36)
3. Tauhid Al Asma Was Shifat
Tauhid Al Asma Was Shifat adalah mentauhidkan Allah Ta'ala dalam penetapan nama dan sifat Allah sesuai dengan yang Allah tetapkan bagi diri-Nya dalam Al Qur’an dan Hadits Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam.

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا
Hanya milik Allah nama-nama yang husna, maka memohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama-Nya” (QS. Al A’raf: 180)

Mungkin cukup yang saya posting hari ini, semoga dapat berguna bagi pembacanya.
dan apabila ada yang berpendapat lain boleh di tulis di kolom komentar..
Terimakasih
Wassalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

No comments: