Monday, December 9, 2013

Organisasi

Bismillaahirrohmaanirrohiiiim.
Assalamu Alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Organisasi?? pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian ketika mendengar kata "Organisasi".  Tapi apakah ada yang tau arti organisasi itu?? berikut ulasan organisasi ala coretan_Ku

Organisasi berasal dari bahasa yunani ὄργανον, organon yang berarti Alat. Organisasi diartikan sebagai alat untuk mencapai tujuan.

Menurut artikata.com Organisasi adalah kesatuan (susunan dsb) yg terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) dl perkumpulan dsb untuk tujuan tertentu. Atau organisasi adalah kelompok kerja sama antara orang-orang yg diadakan untuk mencapai tujuan bersama. itu adalah organisasi yang umumnya.

Menurut Mr Arfi_an "Organisasi adalah wadah dua orang atau lebih yang berkumpul untuk melakukan suatu proses pencapaian tujuan bersama yang terikat dalam suatu ikatan hierarki, saling bekerja sama dan menyumbangkan usahanya masing-masing. ada yang memimpin dan ada yang dipimpin."

Organisasi memiliki beberapa klasifikasi. secara garis besar organisasi di klasifikasikan kedalam dua garis besar yaitu :

  1. Organisasi Informal
        Organisasi informal adalah organisasi yang masih "bebas". bebas disini memiliki arti tidak terlalu terikat dalam sistem keanggotaannya. Belum memiliki struktur organisasi dan sistem Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).  Organisasi ini biasanya terbentuk dengan asas kesamaan hobbi, kesamaan favorit atau kesamaan yang lain. contoh dari organisasi ini adalah Gang motor, fans artis-artis dan lainnya.


2.  Organisasi Formal

          Organisasi formal adalah organisasi yang memiliki peraturan yang mengikat terhadap keanggotaannya dan biasanya tersusun dalam AD/ART dari organisasi tersebut. Organisasi ini juga memiliki struktur organisasi yang jelas sehingga setiap bagian dari organisasi memiliki wewenang yang berbeda tergantung jenis bagian yang dipegang.


  Organisasi Formal terbagi menjadi 2 jenis yaitu :

      a. Organisasi Publik
      Organisasi publik adalah organisasi yang bergerak dibidang pelayanan publik atau masyarakat umum.Visi utama organisasi ini adalah "kebaikan untuk masyarakat". contoh organisasi ini adalah Partai politik, organisasi di sekolahan yang bersifat umum dan lainnya.
      b. Organisasi Bisnis
     Organisasi bisni adalah organisasi yang bergerak dibidang perdagangan yang lebih menekankan kepada "Profit" atau "Keuntungan".Visi utama organisasi ini adalah "Mendapatkan Profit". contoh organisasi ini adalah Perseroan dan lainnya.

mungkin itu saja yang dapat saya posting.
Wassalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

No comments: