Sunday, December 15, 2013

Accountancy (Bag 1)

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Pasti akuntansi sudah tak asing lagi yah ditelinga kita. Mungkin yang jurusan IPS/Sosial/Manajemen sudah menjadi kewajiban untuk mempelajarinya.
Ada yang mengatakan
"Akuntansi itu adalah pelaporan"
"Akuntansi itu adalah seni pencatatan, penggolongan, dan peringkasan transaksi, dan kejadian yang bersifat keungan dengan cara yang berdaya guna dan dalam bentuk satuan uang."
"Akun itu kan yang di media sosial seperti akun fesbuk, akun twiter, akun jimail dan lainnya"

 Semuanya benar, Disini saya akan meng_show Akuntansi ala Coretan_Ku.



Akuntansi diambil dari bahasa inggris yaitu Accountancy yang memiliki kata dasar Account. Account dalam Bahasa Indonesia berarti Laporan atau catatan. Jadi accountancy berarti pelaporan atau pencatatan. Karena Akuntansi berarti pelaporan atau pencatatan, Oleh karena itu Akuntansi mengandung informasi (Informasi yang dilaporkan atau dicatat).

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa Akuntansi Adalah suatu ilmu yang mempelajari penyediaan informasi yang diperlukan manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam organisasi untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu organisasi.

Akuntansi dalam arti luas dikenal sebagai "Bahasa Bisnis" atau Business Leanguage.
 

2 comments:

choirul rizal fauzi said...

kalo akutansi hbahasa bisnis, terus manajemen bahasa apa ya gan? :D

Unknown said...

hahaha... bukan,, maksudnya bukan kayak gitu gan..
jadi "Akuntansi" itu disebut sebagai "Bahasa Bisnis" hahaha :P