Tuesday, December 24, 2013

Memiliki Anak yang Sholeh

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh,

 Kalau ditanya, "Apakah anda ingin memiliki anak yang sholeh??"
jawaban yang anda berikan apa?? hayoo???
Saya kira semua orang ingin memiliki anak yang sholeh. Berikut alasannya menurut Muhammad Rizqi Arfian.

1. Rosulullah SAW bersabda
“Apabila seorang anak Adam meninggal putuslah amalnya kecuali tiga perkara: sedekah jariah, ilmu yang memberi manfaat kepada orang lain, anak yang soleh yang berdoa untuknya.” (Hadith Sahih – Riwayat Muslim dan lain-lainnya)
 Hadits diatas menjelaskan bahwa jika seseorang telah meninggal, seluruh amalannya akan di putuskan. Ada 3 poin kecuali yaitu  Sedekah jariah (sedekah yang dilakukan semasa hidup), Ilmu yang memberi manfaat kepada orang lain dan memiliki anak sholeh yang berdoa untuknya. Jadi amalan yang tidak akan terputuskan adalah doa anak sholeh kepada orang tuanya.


2. Jika kita memiliki anak yang sholeh, Insya Allah kelak disurga derajat kita akan diangkat oleh Allah SWT. Sesuai dengan hadits Abu Hurairah radhiallahu’anhu,

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ الرَّجُلَ لَتُرْفَعُ دَرَجَتُهُ فِى الْجَنَّةِ فَيَقُوْلُ : أَنَّى (لِي) هَذَا؟ فَيَقُالُ : بِاسْتِغْفَارِ وَلَدِكَ

 artinya : Dari Abu Hurairah, ia berkata : telah bersabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sesungguhnya ada seseorang(*) yang diangkat (ditinggikan) derajadnya di jannah (surga)”. Lalu ia bertanya (terheran-heran), “Bagaimana aku bisa mendapat ini (yakni derajad yang tinggi di surga)?”. Dikatakan kepadanya, “(Ini) disebabkan istighfar (permohonan ampun) dari anakmu (kepada Allah) untukmu”.
 Jadi sudah sepatutnya jika kita memiliki anak, kita mendidiknya, menuntunnya agar menjadi sholeh.
dari pembahasan diatas, pernah terjadi dialog antara ane dan teman ane di kelas. Berikut dialognya :

Teman ane : "Assalamu alaikum, bagaimana kabar?? baik??"
ane : "Wa alaikum salam, Alhamdulillah baik. Antum sendiri bagaimana?"
Teman ane : "Alhamdulillah baik juga, ehh ini ane punya pernyataan?"
ane : "Apa itu??"
Teman ane : "Salah satu agar derajat kita disurga di angkat oleh Allah SWT adalah memiliki anak yang sholeh kan??"
ane : "iyaa!!"
Teman ane : "Mau dapat anak yang sholeh gak?? ini ane kasih tau caranya.."
ane : "iyaa maulah, Insya Allah.. emang gimana caranya??"
Teman ane : "yahh, gampang. Cari istri yang sholeha ajah.. hahaa"
ane : "iyaalah, Insya Allah ini mau cari yang sholeha kok.. :)"
Teman ane : "Mau tau cara gampang cari istri yang sholeha??"
ane : "iyaa mau, gimana caranya??"
Teman ane : "yah kamu jadi orang Sholeh dong..!!"
ane : "wahh,, iyaa yaa benar. Emang musti kayak gitu lah.."
Teman ane : "hahahaa"
 Jadi kalau mau memiliki anak yang Sholeh itu, yah harus jadi orang sholeh dulu lah maka semua elemen keluarga dibawah-bawahnya itu mengikuti Insya Allah..
layaknya pepatah "Buah jatuh tak jauh dari pohonnya"
Mungkin hanya itu yang bisa saya paparkan,
Wassalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh

No comments: